Mencari pekerjaan belakangan ini tidak hanya sebatas bidang disiplin ilmu tertentu. Seperti pegawai bank, guru, poli" />

«

»

Jul 09

Wirausaha Permen Lolipop

Wirausaha Permen Lolipop

BOSAN JADI PEGAWAI – BELAJAR JADI PNGUSAHA

Mencari pekerjaan belakangan ini tidak hanya sebatas bidang disiplin ilmu tertentu. Seperti pegawai bank, guru, polisi, tentara, paranormal, dokter, pegawai. Ada pilihan menarik lainnya yang tidak kalah hebatnya, yaitu menjadi berwiraswasta (entrepreneurship). Wiraswasta adalah pemilik usaha yang dirintisnya sendiri dengan memanfaatkan sumber-sumber daya yang ada, bertanggung jawab atas usahanya dan tidak terlepas dari risiko, cth wirausaha sewa mobil, rumah makan, jualan pulsa, toko online dan masih banyak lagi. Atau seperti saya usaha membuka home industri dan membuat toko  Permen Lollipop Online.

 Wirausaha Permen Lolipop

Secara sepintas, modal dankesempatan terlihat menjadi faktor yang menentukan tapi nyatanya tidak. Saya punya banyak kolega yang sudah menjadi pekerja bertahun2 bahkan puluhan tahun, baik di dalam maupun luar negeri. Dari segi modal rasanya tidak menjadi masalah untuk memulai sebuah usaha sendiri skala kecil/menengah.

Tapi karena mental babu yang masih begitu kuat dan tidak mau keluar dari comfort zone maka tidak ada pikiran sama sekali untuk memulainya. Yang ada hanyalah kesibukan yang terus menerus dan selalu dalam hunting mode untuk mencari di perusahaan/hotel mana bekerja. Alhasil, saya sangat sedikit mempunyai teman yang bisa diajak ngobrol dan berjiwa wiraswasta.

Walaupun tidak bisa serta merta, paling tidak mempersiapkan diri setelah selesai bekerja di negeri orang. Mereka hanya sibuk mencari update2 berita hotel apa berdiri dimana, hotel apa ada lowongan dan service chargenya berapa dan sejenis2nya.

Walau tidak bisa sekarang, paling tidak pikiran sudah mulai terbuka ke arah sana. Jika terus termakan doktrin itu, lalu sampai kapan menjadi babu terus? Akankah sampai tua? Apa tidak bosan bekerja untuk orang lain terus? Ternyata belajar berjiwa wiraswasta tidak harus melulu yg muluk2 dan tinggi2. Berikut beberapa tips untuk memulainya:

1. Stop mental babu itu. Hal yang paling penting adalah pikiran kita. Kebanyakan dari kita sudah terbiasa selalu berfikir sesuai doktrin itu sehingga menutup mata untuk hal2 menyangkut wiraswasta. Jika pikiran sudah terbuka maka selanjutnya akan lebih mudah.

2. Konsep modal. Memang modal menjadi faktor utama dalam memulai sebuah usaha mandiri tapi tidak menjadi faktor penentu. Banyak cara untuk mensiasati faktor ini misalnya nabung sejak dini, pinjaman dll.

3. Jgn muluk2 dan tinggi2. Dalam memulai usaha sendiri, jgn langsung memikirkan hal2 yg gede dan muluk2 misalnya bagaimana menyaingi KFC, bagaimana menyaingi BCA dll. Mulailah dengan hal2 kecil dan biarkan pikiran kita membentuk sebuah konsep dulu dengan fondasi yang kuat ke arah bisnis.

4. Hobi dan jeli melihat peluang. Idealnya memulai sebuah usaha adalah sesuai dengan hobi sehingga dalam menjalaninyapun akan lebih enjoy. Jika senang makan, buatlah warung nasi yang punya ciri khas dan branding sendiri misalnya Warung Makan Bajak Laut. Jika senang fashion, buatlah usaha butik misalnya dengan sentuhan khas yg menbedakan dari usaha sejenis. Jika senang online, bikin warnet. Jika senang bakso, jadilah juragan bakso, buat beberapa rombong (sekitar 2 jtan perbuah) lalu cari pekerja yang mau dimodalin untuk jualan bakso.

5. Tanyakan pada diri sendiri. Akhirnya semua kembali berpulang pada diri sendiri. Tanyakan pada diri kita masing, apakah saya ini termasuk forever babu-oriented atau entrepreneur-oriented.

Selain itu keuntungan menjadi wiraswasta yaitu antara lain :

1. Memenuhi kebutuhan orang melaui barang dan jasa yang diproduksi

2. Mendapatkan penghasilan yang banyak

3. Memanfaatkan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya lainnya yang di karuniai Tuhan

4. Memberikan kesempatan kerja bagi orang lain

5. Menjadi Dermawan

6. Membangun negeri melalui pajak ataupun berbentuk sumbangan lainnya.

Tips caranya menjadi wiraswasta yang sukses antara lain :

1. Memiliki cita-cita menjadi wiraswasta

2. Memilih, ingin menjadi Wirausahawan di bidang apa?

3. Melaksanakan atau merintis usaha sambil belajar, misalnya usaha rental mobil Anda bisa belajar dengan para ahli atau orang yang sudah lama berkecimpung di dunia jasa sewa mobil.

4. Tawakal kepada Tuhan

5. Bangkit dan belajar dari kegagalan usaha yang dirintis.

5 comments

Skip to comment form

  1. Chelsea Wallace

    I came to your Toko Permen Lollipop Online – Cara Belajar Berwiraswasta • PERMEN LOLIPOP – HARGA GROSIR page and noticed you could have a lot more traffic. I have found that the key to running a website is making sure the visitors you are getting are interested in your subject matter. We can send you targeted traffic and we let you try it for free. Get over 1,000 targeted visitors per day to your website. Check it out here: http://priscilarodrigues.com.br/url/v Unsubscribe here: http://tdil.co/5p

  2. 97Refugio

    I must say you have very interesting content here.
    Your page should go viral. You need initial traffic only.

    How to get it? Search for; Miftolo’s tools go viral

  3. Kathi1992

    This post is on 17 spot in google’s search results, if you want more visitors,
    you should build more backlinks to your posts,
    there is one trick to get free, hidden backlinks from authority forums,
    search in google; how to get hidden backlinks from forums

  4. Ann Weaver

    I discovered your Toko Permen Lollipop Online – Cara Belajar Berwiraswasta • PERMEN LOLIPOP – HARGA GROSIR page and noticed you could have a lot more traffic. I have found that the key to running a website is making sure the visitors you are getting are interested in your subject matter. We can send you targeted traffic and we let you try it for free. Get over 1,000 targeted visitors per day to your website. Start your free trial: http://magc.co/7fe Unsubscribe here: http://priscilarodrigues.com.br/url/11

  5. Ann Weaver

    I came to your Toko Permen Lollipop Online – Cara Belajar Berwiraswasta • PERMEN LOLIPOP – HARGA GROSIR page and noticed you could have a lot more traffic. I have found that the key to running a website is making sure the visitors you are getting are interested in your subject matter. We can send you targeted traffic and we let you try it for free. Get over 1,000 targeted visitors per day to your website. Check it out here: http://tdil.co/3p Unsubscribe here: http://priscilarodrigues.com.br/url/11

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>